Bab 10: Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Wirausaha
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan jelas dan berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!!
- Jelaskan yang dimaksud dengan etika bisnis!
- Bagaimana penerapan etika bisnis oleh pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih?
- Jelaskan hubungan antara etika dan hukum!
- Bagaimana manfaat etika bisnis bagi seorang pengusaha? Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
- Bagaimana dampak negative bila pengusaha tidak menjalankan usaha sesuai dengan etika bisnis? Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
- Jelaskan yang dimaksud dengan tanggung jawab social! Apakah perusahaan saudara menjalankan tanggung jawab social? Jelaskan!
- Bagaimana strategi bentuk tanggung jawab social?
- Bagaimana hubungan antara etika bisnis dan keputusan bisnis? Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
- Jelaskan tantangan pelaksanaan tanggung jawab social! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
- Berikan etika bisnis yang diterapkan untuk usaha yang saudara jalankan!
- Berikan kegiatan tanggung jawab social yang sesuai dengan usaha yang saudara jalankan
Jawab :
1. Etika bisnis adalah
keseluruhan dari aturan-aturan etika, baik yang tertulis maupun yang tidak
tertulis yang mengatur hak-hak dan kewajiban produsen dan konsumen serta etika
yang harus dipraktekkan dalam bisnis.
2. Etika bisnis sangat
di perlukan dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan persoalan yang ada dalam perusahaan.
3.Etika dapat
dipandang sebagai sarana orientasi bagi usaha manusia untuk menjawab suatu
pertanyaan yang fundamental yaitu bagaimana manusia harus hidup dan bertindak ?
Moral memuat ajaran-ajaran, wejangan-wejangan, patokan-patokan bagaiamana
manusia harus hidup dan bertindak agar menjadi manusia yang baik. Etika
merupakan filsafat/pemikiran kritis dan mendasar tentang ajaran dan pandangan
moral.
4.1.Perusahaan
mendapatkan kepercayaan dari konsumen.
Perusahaan yang
jujur akan menciptakan konsumen yang loyal. Bahkan konsumen akan
merekomendasikan kepada orang lain untuk menggunakan produk tersebut.
2. Citra perusahaan
di mata konsumen baik.
Dengan citra yang
baik maka perusahaan akan lebih dikenal oleh masyarakat dan produknya pun dapat
mengalami peningkatan penjualan.
3. Meningkatkan
motivasi pekerja.
Karyawan akan
bekerja dengan giat apabila perusahaan tersebut memiliki citra yang baik dimata
perusahaan.
4. Keuntungan
perusahaan dapat di peroleh.
Etika adalah
berkenaan dengan bagaimana kita hidup pada saat ini dan mempersiapkan diri
untuk masa depan. Bisnis yang tidak punya rencana untuk menghasilkan keuntungan
bukanlah perusahaan yang beretika.
5.Apabilan seorang pengusaha tidak menjalan sesai
dengan etika bisnis maka sebuah perusahaan tersebut tidak akan mempunyai
keunggulan untuk bersaing dengan perusahaan yang lainnya.
6.adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.
7.
·
Strategi reaktif kegiatan bisnis yang melakukan
strategi reaktif dalam tanggung jawab sosial cenderung menolak atau
menghindarkan diri dari tanggung jawab sosial
·
Strategi defensif
·
Strategi akomodatif
·
Strategi proaktif
8.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar