Rabu, 09 Mei 2012

Bab IX


Bab 9: Perspektif Dalam Perusahaan Keluarga

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan jelas dan berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!!
  1. Jelaskan bentuk-bentuk usaha yang dimiliki perusahaan keluarga!
  2. Apakah perusahaan yang saudara pelajari termasuk perusahaan keluarga pada awalnya? Jelaskan !
  3. Jelaskan manajemen dalam perusahaan keluarga! Berikan contoh pada pengusaha atau perusahaan yang saudara pilih!
  4. Jelaskan faktor-faktor kunci keberhasilan dalam perusahaan keluarga! Berikan contoh pada pengusaha atau perusahaan yang saudara pilih!
  5. Jelaskan strategi untuk membangun bisnis keluarga yang sukses! Berikan contoh pada pengusaha atau perusahaan yang saudara pilih!
Jawab :

1. 
         Family owned business (FOB). Pada bentuk FOB keluarga hanya sebagai shareholder, pengelolaan perusahaan diserahkan kepada eksekutif profesional dari luar lingkungan keluarga, dan saudara yang lain tidak ikut mengendalikan perusahaan.
         Family business (FB). Pada FB, keluarga bertindak sebagai shareholder juga mengurus perusahaan artinya perusahaan dimiliki dan dikelola oleh anggota keluarga pendiri.
         Business family (BF). Bentuk perusahaan BF keluarga sebagai pemilik perusahaan cenderung menekankan pada hubungan kekerabatan saja.
2. Perusahaan yang saya pelajari adalah Toko acecoris yang sudah saya kunjungi kemarin memang betul merupakan perusahaan keluarga, karena adanya keterlibatan anggota keluarga dalam usaha ini. Disana keluarga sendiri yang menjadi karyawan di toko acecoris tersebut.
3.
4.          ownership concentration related to corporate productivity and speed to the market. Kebanyakan perusahaan keluarga masih menguasai mayoritas saham, sehingga lebih cepat membuat keputusan strategis karena faktor ownership concentration.
         patient capital and longterm perspective. Rata-rata bisnis keluarga ingin menjadi bisnis jangka panjang. Bila perusahaan keluarga ini sudah go public, investor yang beli saham-saham perusahaan keluarga berharap untuk jangka panjang.
         flexibility and easiness in financing the business. Perusahaan keluarga yang mempunyai reputasi baik dikarenakan sang pemilik memiliki track record yang baik, sehingga mendukung sumber pendanaan pihak ketiga, baik dari institusi formal (bank atau lainnya) maupun informal (non financial institution). Faktor ini semakin menjadi keunggulan competitive jika perusahaan telah mencapai kategori medium size company.

5. - Saling kerja sama antara satu sama lain agar tidak terjadi konflik
- Komunikasi yang baik
 

1 komentar: