1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Inovasi?
2. Bagaimana peranan inovasi dalam kewirausahaan?
3. Bagaimana proses inovasi?
4. Jelaskan yang dimaksud dengan Kreativitas!
5. Bagaimana peranan kreativitas dalam kewirausahaan?
6. Bagaimana berfikir kreatif dalam kewirausahaan?
7. Bagaimana cara membangun kreatifitas?
8. Jelaskan faktor-faktor yang mendukung inovasi dan kreativitas
dalam perusahaan!
9. Jelaskan faktor-faktor yang menghambat inovasi dan kreativitas
dalam perusahaan!
10. Pilih
seorang pengusaha sukses dan perusahaannya untuk dipelajari dan buat ringkasan
atas pengusaha dan perusahaan tersebut. Adapun data tentang pengusaha adalah
nama, sejarah diri,visi misi, nilai-nilai yang dianut, kegagalan dan kesuksesan
dalam membangun usaha, strategi membangun usaha dan hal-hal lain yang dianggap
penting. Adapun tentang perusahaannya adalah nama perusahaan, sejarah, visi,
misi, produk-produk perusahaan, manajemen pemasaran, manajemen keuangan,
manajamen sumber daya manusia, manajemen operasi, teknologi informasi dan
hal-hal lain yang dianggap perlu
11. Memilih
satu usaha yang akan dikerjakan berdua selama satu semester. Berikan gambaran
usaha tersebut
12. Buatkan
diferensiasi atau perbedaan dari bisnis sejenis dengan konsep kreativitas dan
inovasi pada usaha yang dipilih sehingga terlihat perbedaan dengan pesaing!
Jawab :
1.
Inovasi adalah kemampuan seseorang untuk
mengembangkan ide-ide , supaya ide-ide tersebut diterima pasar
2.
Peran inovasi :
P pengusaha yang dapat menciptakan jenis barang baru akan memberi keuntungan bagi pasar sehingga lebih banyak terdapat pilihan bagi konsumen.
P pengusaha yang dapat menciptakan jenis barang baru akan memberi keuntungan bagi pasar sehingga lebih banyak terdapat pilihan bagi konsumen.
3.
Proses inovasi :
·
Tahap pertama, perilaku inovasi dimulai dari tahap
perkenalan dan penghimpunan ide atau solusi
·
Tahap dua , berusaha mencari dukungan untuk ide
tersebut dan mencoba membangun kerjasama antara pendukung ide
·
Tahap tiga, menyelesaikan ide tersebut dengan
membuat modul atau prototype inovasi dalam wujud yang nyata yang dapat disentuh
dan mengubahnya kea rah penggunaan yang produktif atau terlembagakan.
4.
Kreatifitas adalah kemampuan seseorang untuk
mengembangkan ide-ide untuk memecahkan masalah dan bahkan membuat peluang dari
masalah tersebut.
5.
Peran kreatifitas :
KKreatifitas merupakan sumber penting dalam menciptakan daya saing untuk semua organisasi yang peduli terhadap growth (pertumbuhan) dan change (perubahan), karena selera pasar akan selalu berubah-ubah karena itu dibutuhkan kreatifitas untuk seorang wirausaha agar dia bisa membuat ide untuk memecahkan masalah yang dating untuk mengganggu kegiatan usaha.
KKreatifitas merupakan sumber penting dalam menciptakan daya saing untuk semua organisasi yang peduli terhadap growth (pertumbuhan) dan change (perubahan), karena selera pasar akan selalu berubah-ubah karena itu dibutuhkan kreatifitas untuk seorang wirausaha agar dia bisa membuat ide untuk memecahkan masalah yang dating untuk mengganggu kegiatan usaha.
6.
Dengan menggunakan otak sebelah kiri, menurut
zimmer (1996:76), ada 7 langkah proses kreatif :
·
Tahap 1 : persiapan
·
Tahap 2 : penyelidikan
·
Tahap 3 : Transformasi
·
Tahap 4 : Penetasan
·
Tahap 5 : Penerangan
·
Tahap 6 : Pengujian
·
Tahap 7 : Implementasi
7.
Cara membangun kretifitas :
·
Hindari dari sikap tidak belajar. Setiap situasi
merupakan peluang untuk belajar
·
Belajar Banyak. Jangan belajar terbatas pada
satu keahlian yang kita miliki saja.Banyak inovasi yang diperoleh dari bidang
ilmu lain
·
Diskusikan ide-ide kita dengan orang lain
·
Himpun artikel-artikel yang penting
·
Temui orang profesioanal atau asosiasi dagang
dan pelajari cara mereka memecahakan persoalan.
·
Gunakan waktu untuk belajar sesuatu dari Negara lain.
·
Kembangkan keterlampilan menyimak gagasan orang
lain.
8. Faktor-faktor yang mendukung inovasi dan kreatifitas dalam perusahaan:
· - Motivasi Untuk Kreativitas
· Kondisi Eksternal yang mendorong perilaku kretivitas, kondisi dari lingkungan secara konstruktif ikut mendorong munculnya kreativitas.
9.
Faktor-faktor pengahambat :
·
Sikap negative
·
Takut untuk gagal
·
Following rules
·
Membuat asumsi
10.
Dame Anita Perella Roddick, DBE (23 Oktober 1942 – 10 September 2007) adalah wanita pengusaha asal Inggris, pendiri perusahaan kosmetik The Body Shop yang memproduksi dan menjual produk
kecantikan dari bahan-bahan alami dan ramah lingkungan.
Lahir tahun 1942 di Littlehampton, Sussex, England dari
keluarga imigran Yahudi-Italia, nama kecilnya adalah Anita Lucia
Perilli. Ibunya mengelola sebuahkafe,
dan keempat anaknya diminta membantu sepulangnya mereka dari sekolah dan pada
akhir pekan.
Masa sekolah dilewatkannya di St Joseph’s Convent, dan
diteruskannya di Maude Allen Secondary Modern. Selanjutnya Anita masuk sekolah guru
di Bath College of Higher Education (sekarang Universitas Bath Spa). Ia senang pergi
berkelana keliling dunia ke Tahiti, Australia, dan Afrika Selatan, dan akhirnya
diperkenalkan oleh ibunya dengan seorang penyair Skotlandia bernama Gordon
Roddick. Anita dan Gordon menikah pada tahun 1970, ketika mereka sudah memiliki seorang
putri dan Anita sedang hamil putri kedua. Mereka berdua membuka rumah makan,
dan mengembangkan bisnis dengan membuka sebuah hotel.
Sewaktu suaminya berkelana di Amerika, Anita Roddick membuka toko The Body Shop dengan uang hasil pinjaman. Toko
pertama didirikannya di Brightonpada tahun 1976, dan belum banyak mempunyai barang.
Ketika baru dibuka, tokonya hanya menjual sejumlah krim dan produk perawatan
rambut.
Pada tahun 1990, Roddick membantu pendirian majalah The Big Issue yang keuntungan penjualannya digunakan
untuk membantu tunawisma. Selain itu, Roddick mendirikan yayasan amal Children On The Edge untuk membantu anak-anak yang kurang
beruntung di Eropa Timur dan Asia.Roddick juga banyak membantu sejumlah
organisasi amal termasuk Greenpeace. Pada bulan
Februari 2007, Roddick mengumumkan dirinya menderita Hepatitis Cmenahun, dan
mempromosikan yayasan Hepatitis C Trust, dan ikut serta melakukan kampanye
penanggulangan Hepatitis
Pada tahun 2003, Roddick menerima gelar Dame Commander of
the Order of the British Empire oleh Ratu Elizabeth II, dan
secara resmi menyandang nama Dame Anita Roddick DBE.
Roddick meninggal dalam usia 64 tahun akibat pendarahan otak pada tanggal 10 September 2007 setelah
dirawat di Rumah Sakit St Richard, Chichester karena keluhan sakit kepala hebat pada
malam sebelumnya.
*The Body Shop
Roddick membuka Body Shop yang pertama dengan tujuan untuk membuat pendapatan untuk dirinya dan anak-anak perempuan dua manakala suaminya di Amerika Selatan, dengan idea menyediakan produk penjagaan kulit yang berkualiti di dalam bekas yang boleh diisi semula dan saiz sampel, semuanya dipasarkan dengan kebenaran dan bukannya gembar-gembur. Dia membuka kedai kedua enam bulan kemudian. Semasa kepulangan suaminya, beliau menyertai perniagaan. Menjelang tahun 1991, The Body Shop mempunyai 700 cawangan, dan Roddick telah dianugerahkan Anugerah 1991 World Vision untuk Pembangunan Inisiatif Pada tahun 1993.
The Body Shop asal adalah satu siri kemalangan yang cemerlang. Ia mempunyai bau yang hebat, ia mempunyai nama yang 'funky '. Ia adalah kedudukan antara dua panti pengebumian - yang selalu disebabkan kontroversi. Ia adalah sangat pancaindera. Ia adalah 1976, tahun gelombang haba, jadi ada banyak daging sekitar. Kami tahu kira-kira bercerita, maka, jadi semua produk yang mempunyai cerita-cerita . Kami dikitar semula segala-galanya, bukan kerana kami adalah mesra alam, tetapi kerana kita tidak mempunyai cukup botol. Ia adalah idea yang baik. Apa yang unik tentang hal itu, dengan niat tidak sama sekali, tiada nous pemasaran, adalah bahawa ia diterjemahkan merentasi budaya, merentasi halangan geografi dan struktur sosial. Ia bukanlah rancangan yang canggih, ia hanya berlaku seperti itu .
*The Body Shop
Roddick membuka Body Shop yang pertama dengan tujuan untuk membuat pendapatan untuk dirinya dan anak-anak perempuan dua manakala suaminya di Amerika Selatan, dengan idea menyediakan produk penjagaan kulit yang berkualiti di dalam bekas yang boleh diisi semula dan saiz sampel, semuanya dipasarkan dengan kebenaran dan bukannya gembar-gembur. Dia membuka kedai kedua enam bulan kemudian. Semasa kepulangan suaminya, beliau menyertai perniagaan. Menjelang tahun 1991, The Body Shop mempunyai 700 cawangan, dan Roddick telah dianugerahkan Anugerah 1991 World Vision untuk Pembangunan Inisiatif Pada tahun 1993.
The Body Shop asal adalah satu siri kemalangan yang cemerlang. Ia mempunyai bau yang hebat, ia mempunyai nama yang 'funky '. Ia adalah kedudukan antara dua panti pengebumian - yang selalu disebabkan kontroversi. Ia adalah sangat pancaindera. Ia adalah 1976, tahun gelombang haba, jadi ada banyak daging sekitar. Kami tahu kira-kira bercerita, maka, jadi semua produk yang mempunyai cerita-cerita . Kami dikitar semula segala-galanya, bukan kerana kami adalah mesra alam, tetapi kerana kita tidak mempunyai cukup botol. Ia adalah idea yang baik. Apa yang unik tentang hal itu, dengan niat tidak sama sekali, tiada nous pemasaran, adalah bahawa ia diterjemahkan merentasi budaya, merentasi halangan geografi dan struktur sosial. Ia bukanlah rancangan yang canggih, ia hanya berlaku seperti itu .
Pada tahun 1997, Anita membangunkan kempen Body Shop yang paling berjaya yang pernah, mewujudkan Ruby, saiz 16 anak patung, yang dianggap menanggung persamaan berpindah kepada Barbie. Kempen ini telah berubah daripada kedudukan strategik baru yang dibangunkan oleh etika komunikasi perundingan Host Universal, yang mencipta imej anak patung telanjang yang berambut merah, tangan di belakang kepala dan angin di rambutnya, yang menjadi penjelmaan kempen. Jurugambar Steve Perry.
Menjelang tahun 2004, The Body Shop mempunyai 1980 kedai, berkhidmat lebih 77 juta pelanggan di seluruh world.It yang telah mengundi jenama kedua paling dipercayai di United Kingdom , dan 28 jenama terkemuka di dunia.
Pada 17 Mac 2006, L'Oréal membeli Body Shop untuk £ 652 juta. Ini disebabkan kontroversi, kerana L'Oréal terlibat dalam ujian haiwan dan kerana syarikat itu adalah sebahagian-dimiliki olehNestlé , yang telah dikritik untuk rawatan pengeluar dunia ketiga. Anita Roddick ia ditangani secara langsung dalam satu temu bual dengan The Guardian, yang melaporkan bahawa "dia melihat dirinya sebagai sejenis 'kuda Trojan' yang dengan menjual perniagaannya kepada firma yang besar akan dapat mempengaruhi keputusan yang Pembekal yang telah dahulunya bekerja dengan Body Shop akan pada masa akan datang mempunyai kontrak dengan L'Oréal, dan sambil bekerja dengan syarikat yang 25 hari setahun Roddick mampu untuk memiliki input ke dalam keputusan.
11.
Usaha yang kami pilih adalah asesoris perempuan, dimana yang pertama saya lakukan adalah meneliti jenis-jenis asesoris seperti apa yang sering atau sedang trend di kalangan perempuan saat ini terutama di lingkungan kampus.Kami memilih usaha ini karena kami terinspirasi oleh sebuah toko seperti strawberry,naughty, bunga yang sukses akan menjual berbagai asesoris meskipun usaha asesoris ini sudah banyak yang melakukannya tetapi kami ingin berusaha untuk menjualnya di daerah sekitar kampus. Jenis-jenis asesoris yang kami jual berupa cincin,kalung,gelang dan lain-lain.
12.Perbedaannya usaha kami ini di jualnya bukan pada sebuah toko tetapi kami ingin menjualnya secara langsung kepada konsumen juga ,melalui blog,twitter dan lain-lain.
12.Perbedaannya usaha kami ini di jualnya bukan pada sebuah toko tetapi kami ingin menjualnya secara langsung kepada konsumen juga ,melalui blog,twitter dan lain-lain.
The 20 Best Casinos Near Harrah's Cherokee Casino, NC
BalasHapusList of 김제 출장안마 casinos with 천안 출장안마 live dealer 대전광역 출장안마 table games, including blackjack, roulette, craps, and craps at Harrah's Cherokee Casino. 동해 출장안마 MapYO.com has the highest share 춘천 출장안마 of