Jumat, 24 Februari 2012

Bab II



1.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan Inovasi?
2.     Bagaimana peranan inovasi dalam kewirausahaan?

3.     Bagaimana proses inovasi?
4.     Jelaskan yang dimaksud dengan Kreativitas!
5.     Bagaimana peranan kreativitas dalam kewirausahaan?
6.     Bagaimana berfikir kreatif dalam kewirausahaan?
7.     Bagaimana cara membangun kreatifitas?
8.     Jelaskan faktor-faktor yang mendukung inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!
9.     Jelaskan faktor-faktor yang menghambat inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!  
10.  Pilih seorang pengusaha sukses dan perusahaannya untuk dipelajari dan buat ringkasan atas pengusaha dan perusahaan tersebut. Adapun data tentang pengusaha adalah nama, sejarah diri,visi misi, nilai-nilai yang dianut, kegagalan dan kesuksesan dalam membangun usaha, strategi membangun usaha dan hal-hal lain yang dianggap penting. Adapun tentang perusahaannya adalah nama perusahaan, sejarah, visi, misi, produk-produk perusahaan, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajamen sumber daya manusia, manajemen operasi, teknologi informasi dan hal-hal lain yang dianggap perlu
11.  Memilih satu usaha yang akan dikerjakan berdua selama satu semester. Berikan gambaran usaha tersebut
12.  Buatkan diferensiasi atau perbedaan dari bisnis sejenis dengan konsep kreativitas dan inovasi pada usaha yang dipilih sehingga terlihat perbedaan dengan pesaing!      

Jawab :
1.       Inovasi adalah kemampuan seseorang untuk mengembangkan ide-ide , supaya ide-ide tersebut diterima pasar
2.       Peran inovasi :
P    pengusaha yang dapat menciptakan jenis barang baru akan memberi keuntungan bagi pasar sehingga lebih banyak terdapat pilihan bagi konsumen.
3.       Proses inovasi :
·         Tahap pertama, perilaku inovasi dimulai dari tahap perkenalan dan penghimpunan ide atau solusi
·         Tahap dua , berusaha mencari dukungan untuk ide tersebut dan mencoba membangun kerjasama antara pendukung ide
·         Tahap tiga, menyelesaikan ide tersebut dengan membuat modul atau prototype inovasi dalam wujud yang nyata yang dapat disentuh dan mengubahnya kea rah penggunaan yang produktif atau terlembagakan.
4.       Kreatifitas adalah kemampuan seseorang untuk mengembangkan ide-ide untuk memecahkan masalah dan bahkan membuat peluang dari masalah tersebut.
5.       Peran kreatifitas :
KKreatifitas merupakan sumber penting dalam menciptakan daya saing untuk semua organisasi yang peduli terhadap growth (pertumbuhan) dan change (perubahan), karena selera pasar akan selalu berubah-ubah karena itu dibutuhkan kreatifitas untuk seorang wirausaha agar dia bisa membuat ide untuk memecahkan  masalah yang dating untuk mengganggu kegiatan usaha.
6.       Dengan menggunakan otak sebelah kiri, menurut zimmer (1996:76), ada 7 langkah proses kreatif :
·         Tahap 1 : persiapan
·         Tahap 2 : penyelidikan
·         Tahap 3 : Transformasi
·         Tahap 4 : Penetasan
·         Tahap 5 : Penerangan
·         Tahap 6 : Pengujian
·         Tahap 7 : Implementasi
7.       Cara membangun kretifitas :
·         Hindari dari sikap tidak belajar. Setiap situasi merupakan peluang untuk belajar
·         Belajar Banyak. Jangan belajar terbatas pada satu keahlian yang kita miliki saja.Banyak inovasi yang diperoleh dari bidang ilmu lain
·         Diskusikan ide-ide kita dengan orang lain
·         Himpun artikel-artikel yang penting
·         Temui orang profesioanal atau asosiasi dagang dan pelajari cara mereka memecahakan persoalan.
·         Gunakan waktu untuk belajar sesuatu dari Negara lain.
·         Kembangkan keterlampilan menyimak gagasan orang lain.
8.    Faktor-faktor yang mendukung inovasi dan kreatifitas dalam perusahaan:

·       -  Motivasi Untuk Kreativitas
·           Kondisi Eksternal yang mendorong perilaku kretivitas, kondisi dari lingkungan secara     konstruktif ikut mendorong munculnya kreativitas.
9.       Faktor-faktor pengahambat :
·         Sikap negative
·         Takut untuk gagal
·         Following rules
·         Membuat asumsi
10.  Dame Anita Perella Roddick, DBE (23 Oktober 1942  10 September 2007) adalah wanita pengusaha asal Inggris, pendiri perusahaan kosmetik The Body Shop yang memproduksi dan menjual produk kecantikan dari bahan-bahan alami dan ramah lingkungan.
Lahir tahun 1942 di Littlehampton, Sussex, England dari keluarga imigran Yahudi-Italia, nama kecilnya adalah Anita Lucia Perilli. Ibunya mengelola sebuahkafe, dan keempat anaknya diminta membantu sepulangnya mereka dari sekolah dan pada akhir pekan.
Masa sekolah dilewatkannya di St Joseph’s Convent, dan diteruskannya di Maude Allen Secondary Modern. Selanjutnya Anita masuk sekolah guru di Bath College of Higher Education (sekarang Universitas Bath Spa). Ia senang pergi berkelana keliling dunia ke Tahiti, Australia, dan Afrika Selatan, dan akhirnya diperkenalkan oleh ibunya dengan seorang penyair Skotlandia bernama Gordon Roddick. Anita dan Gordon menikah pada tahun 1970, ketika mereka sudah memiliki seorang putri dan Anita sedang hamil putri kedua. Mereka berdua membuka rumah makan, dan mengembangkan bisnis dengan membuka sebuah hotel.
Sewaktu suaminya berkelana di Amerika, Anita Roddick membuka toko The Body Shop dengan uang hasil pinjaman. Toko pertama didirikannya di Brightonpada tahun 1976, dan belum banyak mempunyai barang. Ketika baru dibuka, tokonya hanya menjual sejumlah krim dan produk perawatan rambut.
Pada tahun 1990, Roddick membantu pendirian majalah The Big Issue yang keuntungan penjualannya digunakan untuk membantu tunawisma. Selain itu, Roddick mendirikan yayasan amal Children On The Edge untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung di Eropa Timur dan Asia.Roddick juga banyak membantu sejumlah organisasi amal termasuk Greenpeace. Pada bulan Februari 2007, Roddick mengumumkan dirinya menderita Hepatitis Cmenahun, dan mempromosikan yayasan Hepatitis C Trust, dan ikut serta melakukan kampanye penanggulangan Hepatitis
Pada tahun 2003, Roddick menerima gelar Dame Commander of the Order of the British Empire oleh Ratu Elizabeth II, dan secara resmi menyandang nama Dame Anita Roddick DBE.
Roddick meninggal dalam usia 64 tahun akibat pendarahan otak pada tanggal 10 September 2007 setelah dirawat di Rumah Sakit St Richard, Chichester karena keluhan sakit kepala hebat pada malam sebelumnya.
*The Body Shop
Roddick membuka Body Shop yang pertama dengan tujuan untuk membuat pendapatan untuk dirinya dan anak-anak perempuan dua manakala suaminya di Amerika Selatan, dengan idea menyediakan produk penjagaan kulit yang berkualiti di dalam bekas yang boleh diisi semula dan saiz sampel, semuanya dipasarkan dengan kebenaran dan bukannya gembar-gembur.  Dia membuka kedai kedua enam bulan kemudian. Semasa kepulangan suaminya, beliau menyertai perniagaan. Menjelang tahun 1991, The Body Shop mempunyai 700 cawangan, dan Roddick telah dianugerahkan Anugerah 1991 World Vision untuk Pembangunan Inisiatif  Pada tahun 1993.
The Body Shop asal adalah satu siri kemalangan yang cemerlang. Ia mempunyai bau yang hebat, ia mempunyai nama yang 'funky '. Ia adalah kedudukan antara dua panti pengebumian - yang selalu disebabkan kontroversi. Ia adalah sangat pancaindera. Ia adalah 1976, tahun gelombang haba, jadi ada banyak daging sekitar. Kami tahu kira-kira bercerita, maka, jadi semua produk yang mempunyai cerita-cerita . Kami dikitar semula segala-galanya, bukan kerana kami adalah mesra alam, tetapi kerana kita tidak mempunyai cukup botol. Ia adalah idea yang baik. Apa yang unik tentang hal itu, dengan niat tidak sama sekali, tiada nous pemasaran, adalah bahawa ia diterjemahkan merentasi budaya, merentasi halangan geografi dan struktur sosial. Ia bukanlah rancangan yang canggih, ia hanya berlaku seperti itu 

Pada tahun 1997, Anita membangunkan kempen Body Shop yang paling berjaya yang pernah, mewujudkan Ruby, saiz 16 anak patung, yang dianggap menanggung persamaan berpindah kepada Barbie. Kempen ini telah berubah daripada kedudukan strategik baru yang dibangunkan oleh etika komunikasi perundingan Host Universal, yang mencipta imej anak patung telanjang yang berambut merah, tangan di belakang kepala dan angin di rambutnya, yang menjadi penjelmaan kempen. Jurugambar Steve Perry.
Menjelang tahun 2004, The Body Shop mempunyai 1980 kedai, berkhidmat lebih 77 juta pelanggan di seluruh world.It yang telah mengundi jenama kedua paling dipercayai di United Kingdom , dan 28 jenama terkemuka di dunia.
Pada 17 Mac 2006, L'Oréal membeli Body Shop untuk £ 652 juta.  Ini disebabkan kontroversi, kerana L'Oréal terlibat dalam ujian haiwan dan kerana syarikat itu adalah sebahagian-dimiliki olehNestlé , yang telah dikritik untuk rawatan pengeluar dunia ketiga. Anita Roddick ia ditangani secara langsung dalam satu temu bual dengan The Guardian, yang melaporkan bahawa "dia melihat dirinya sebagai sejenis 'kuda Trojan' yang dengan menjual perniagaannya kepada firma yang besar akan dapat mempengaruhi keputusan yang Pembekal yang telah dahulunya bekerja dengan Body Shop akan pada masa akan datang mempunyai kontrak dengan L'Oréal, dan sambil bekerja dengan syarikat yang 25 hari setahun Roddick mampu untuk memiliki input ke dalam keputusan. 

11.  Usaha yang kami pilih adalah asesoris perempuan, dimana yang pertama saya lakukan adalah meneliti jenis-jenis asesoris seperti apa yang sering atau sedang trend di kalangan perempuan saat ini terutama di lingkungan kampus.Kami memilih usaha ini karena kami terinspirasi oleh sebuah toko seperti strawberry,naughty, bunga yang sukses akan menjual berbagai asesoris meskipun usaha asesoris ini sudah banyak yang melakukannya tetapi kami ingin berusaha untuk menjualnya di daerah sekitar kampus. Jenis-jenis asesoris yang kami jual berupa cincin,kalung,gelang dan lain-lain.
12.Perbedaannya usaha kami ini di jualnya bukan pada sebuah toko tetapi kami ingin menjualnya secara langsung kepada konsumen juga ,melalui blog,twitter dan lain-lain. 



1 komentar:

  1. The 20 Best Casinos Near Harrah's Cherokee Casino, NC
    List of 김제 출장안마 casinos with 천안 출장안마 live dealer 대전광역 출장안마 table games, including blackjack, roulette, craps, and craps at Harrah's Cherokee Casino. 동해 출장안마 MapYO.com has the highest share 춘천 출장안마 of

    BalasHapus